Monday, August 13, 2012

Lulus SNMPTN itu Mudah-mudah sulit?

Sebagaimana tercermin dalam judul posting di atas, mengerjakan soal SNMPTN itu berbeda dengan mengerjakan soal UN. Jadi, bisa dikatakan untuk lulus dari SNMPTN itu mudah-mudah sulit. Mudah bagi mereka yang sudah benar-benar pintar dan jenius, dengan bentuk dan model soal apapun, dia bisa mengerjakannya. Mudah bagi mereka yang tahu kemampuan dirinya dan menembak jurusan yang tepat buat dirinya. Sulit, bagi mereka yang hanya berperan sebagai penggembira dalam SNMPTN.

Soal SNMPTN adalah soal seleksi, bukan soal ujian evaluasi. Soal UN adalah soal evaluasi, jadi mengevaluasi hasil belajar selama 3 tahun. SNMPTN lebih banyak memacu logika berpikir dan menganalisa suatu kasus, bahkan beberapa soal dibuat untuk menguji kemampuan calon mahasiswa untuk menentukan formula sendiri dalam mencari solusi sebuah studi kasus. Jika UN bisa dikerjakan hanya dengan menggunakan rumus-rumus yang telah dihafal, soal SNMPTN biasanya harus menggabungkan beberapa teorema dan rumus sehingga menciptakan sebuah solusi yang kreatif dan tepat. Dengan demikian, bobot soal SNMPTN jelas akan lebih tinggi dari soal UN.

Jika UN dipatok berdasarkan standar minimal oleh Depdiknas, maka patokan kelulusan SNMPTN adalah berdasarkan kompetisi para peserta SNMPTN. Nilai terendah yang lolos dari sebuah jurusan yang satu belum tentu sama dengan jurusan yang lain. Demikian juga, jurusan / program studi yang sama dari sebuah PTN belum tentu memiliki nilai terendah lolos yang sama dengan PTN lain. Hal ini memungkinkan adanya passing grade sebuah program studi bisa jauh sekali di atas passing grade sebuah program studi yang lain.

No comments:

Post a Comment